Cara menggunakan akun WhatsApp Bisnis

Posted on

Cara menggunakan akun WhatsApp Bisnis – WhatsApp tidak diragukan lagi adalah salah satu platform layanan pesan instan yang paling populer, dengan sekitar 1,5 miliar pengguna aktif di setiap bulan nya di seluruh dunia.

Aplikasi ini telah menjadi alat komunikasi utama bagi pengguna smartphone, dan hampir menggantikan SMS. Tetapi bagaimana cara menggunakan akun WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan khusus untuk pemilik bisnis. Dimana Aplikasi ini dirilis WhatsApp pada tahun 2018 dan mendapat antusiasme dari berbagai negara di dunia terutama di indonesia.

Keberadaan WhatsApp Business dapat menjadi salah satu alternatif bagi aplikasi pesan instan khusus bisnis yang sangat berguna bagi pemilik pebisnis, terutama prihal bisnis online.

Aplikasi ini dapat membantu banyak pembeli untuk saling berkomunikasi dengan penjual dengan cepat dan aman.

Mereka dapat mengajukan beberapa pertanyaan sebelum benar-benar membeli suatu barang dari penjual.

So, pada kesempatan kali ini Afrodes akan memberikan tutorial cara membuat dan menggunakan WhatsApp Bisnis secara lengkap yang ada di bawah ini. So, Check This Out!!!

Cara membuat akun WhatsApp Bisnis

akun WhatsApp Bisnis

Berikut ini adalah cara membuat akun WhatsApp Bisnis:

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Bisnis di Google Play Store untuk perangkat Android atau di App Store untuk perangkat iOS.
  2. Setelah download selesai, buka aplikasi WhatsApp Bisnisnya dan pilih “Setuju dan lanjutkan“.
  3. Masukan nomor yang ingin di jadikan akun WhatsApp Bisnis, maka anda akan menerima SMS verifikasi dari WhatsApp.
  4. Selanjutnya, isikan nama dan pasang foto profil seperti halnya membuat akun whatsapp biasa. Tetapi Jika menggunakan WA Bisnis nama pengguna tidak dapat di ganti, so pastikan nama pebisnis harus di isi dengan benar.
  5. Anda juga dapat melengkapi profil bisnis Anda, seperti menambahkan alamat dengan maps yang spesifik, kategori bisnis, jam kerja, dan alamat situs web Anda dengan mengaturnya melalui menu Pengaturan – Pengaturan Bisnis – Profil.

Untuk memudahkan pelaku bisnis, ada pengelompokan pesan dalam aplikasi ini, termasuk prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dibayar, dan pesan selesai.

So, dengan ada nya fitur ini memudahkan pebisnis dalam mengklasifikasikan pelanggan sesuai dengan isi pesan.

Tentunya melauli whatsapp bisnis akan memudahkan pebisnis untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka dan Pelanggan juga akan lebih mempercayai akun WhatsApp Business.

Cara menggunakan Akun WhatsApp Bisnis

Balas pesan secara cepat

Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balasan pesan otomatis. Fitur ini memudahkan Anda untuk membalas pesan dari pelanggan dengan cepat.

Langkah-langkah untuk mengatur balasan pesan otomatis adalah: Masuk ke Pengaturan> Pengaturan Bisnis> pilih opsi Pesan Jauh / Pesan Ucapan / Balasan Cepat.

Kemudian Anda dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur waktu untuk mengirim pesan, kapan saja dan pada waktu yang tertentu.

Mengetahui Statistik Interaksi

Fitur statistik ini dibuat untuk menyimpan informasi ini, informasi tentang berapa banyak pesan yang telah Anda terima dan yang dikirim ke pelanggan. Caranya, masuk ke menu Pengaturan, pilih menu Statistik.

Membuat Away Message

Away Message biasanya digunakan untuk membantu pebisnis tetap terhubung dengan pelanggan ketika mereka tidak berada di tempat atau layanan tutup.

Fitur ini akan memberikan respons otomatis ketika pelanggan mengirim pesan.

Pilih menu Pengaturan – Pengaturan Bisnis – Pesan Jauh, lalu centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang sudah ada, silakan gunakan versi kalimat Anda. Setelah selesai, pilih Simpan untuk menyimpan perubahan.

Membuat Greeting Message

Pesan Ucapan juga membantu manajer bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan dikirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Pengaturan – Pengaturan Bisnis – Pesan Ucapan.

Posisikan tombol ke On, lalu edit salam yang menurut Anda paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihargai. Jangan lupa klik pada tombol Simpan untuk menyimpan perubahan.

Penutup

Itulah cara membuat dan menggunakan whatsapp bisnis yang telah kami share kali ini. Semoga pebisnis yang ingin menggunakan aplikasi whatsapp bisnis dapat terbantu oleh tutorial kami kali ini.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan jangan lupa nantikan artikel kami selanjutnya prihal gim, aplikasi, tips dan trik yang akan di publish disetiap harinya. Adiosss

Baca Juga :